Rabu, 21 April 2010

LEADERSHIP DAN KOMUNIKASI 

Dosen : Ir.Parino Raharojo, M.M.

Angota :

Yesica Adityagraha    915070122

- Gita Hasian Hutapea   915070088

- Melina Fitri Sugianti   915070140

- Marco Susilo     915069004

- Hendy Sasmita Komala   915069003


Definisi Leadership : "Kepemimpinan didefinisikan sebagai perilaku yang bertujuan mempengaruhi orang lain untuk berkontribusi ke tujuan umum disepakati untuk kepentingan individu serta organisasi atau" kebaikan bersama. Menurut definisi tersebut, kepemimpinan dapat didefinisikan sebagai therapy terapi suatu tujuan tertentu email harian untuk Artikel mempengaruhi aktivitas para anggota kelompok untuk Artikel mencapai tujuan Bersama dirancang untuk Artikel Yang memberikan Manfaat Dan Organisasi individu. Sedangkan menurut Anderson (1988), "kepemimpinan berarti menggunakan kekuatan untuk mempengaruhi pikiran dan tindakan orang lain sedemikian rupa sehingga mencapai kinerja tinggi".


Definisi Komunikasi : komunikasi adalah upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan. Jika dua orang berkomunikasi maka pemahaman yang sama terhadap pesan yang saling dipertukarkan adalah tujuan yang diinginkan oleh keduanya.  Komunikasi adalah suatu proses melalui mana seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang-orang lainnya (khalayak).


Salah satu ketrampilan yang harus di miliki oleh seorang pemimpin adalah komunikasi yang baik dengan karyawan, konsumen, maupun distributor. Jadi, dalam kepemimpinan diperlukan suatu komunikasi.


Aspek Kecerdasan Emosi :

  • Pengelolaan diri : Mengandung arti bagaimana seseorang mengelola diri dan perasaan-perasaan yang dilaminya.
  • Kemampuan Untuk Memotivasi Diri : Kemampuan ini berguna untuk mencapai tujuan jangka panjang, mengatasi setiap kesulitan yang dialami bahkan untuk melegakan kegagalan yang terjadi.
  • Empati : Empati ini dibangun dari kesadaran diri dan dengan memposisikan diri senada, serasa dengan emosi orang lain akan membantu anda membaca dan memahami perasaan orang lain tersebut.
  • Keterampilan Sosial : Merupakan ketrampilan yang dapat dipelajari seseorang semenjak kecil mengenai pola-pola berhubungan dengan orang lain.

Gaya kepemimpinan yang dapat membangun resonansi, yakni:

Visioner : Dimana pemimpin harus memiliki pandangan ke depan.

Pembimbing : Dimana pembimbing harus bisa menjadi penuntun orang disekitarnya.

Afiliatif : Dimana pemimpin dapat menciptakan keharmonisan, dan hubungan dengan orang lain.

Demokratis : Dimana pemimpin dapat memberikan bawahannya suatu kebebasan dalam berpendapat, bertindak dan lain-lain yang bertanggung jawab. Contoh : Suster Mary.


Penentu kecepatan atau menghadapi tantangan dan tujuan yang menarik.

  • Dampak terhadap iklim emosi sering dilaksanakan buruk, dampaknya negatif. Artinya, apabila iklim emosi yang sedang buruk, pada umumnya akan menghasilkan dampak yang negatif atau kurang baik.
  • Ketika ingin mendapatkan hasil berkualitas tinggi dan tim yang bermotivasi kompeten. Artinya, untuk mencapai hasil yang baik, maka komunikasi dan kepemimpinan haruslah dapat membentuk tim yang bermotivasi kompeten.

    Pendapat Kelompok Kami :
    Leadership sangat berhubungan dengan komunikasi. Kepemimpinan tidak akan berhasil tanpa adanya komunikasi yang baik. Jadi kepemimpinan yang berhasil, juga ditentukan oleh kemampuan komunikasi juga. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar