Jumat, 18 Juni 2010

SIMBOL DAN ARSITEKTUR

Dosen : Bapak Eduard Tjahyadi

Anggota Kelompok :
  • Yesica Adityagraha 915070122
  • Melina Fitri Sugianti 915070140
  • Gita Hasian Hutapea 915070088
  • Marco Susilo 915069004


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia:

Simbol (kata benda) : lambang

Simbolik (adjektif) : sebagai lambang, menjadi lambang, mengetahui lambang.

Simbolisme : perihal pemakaian simbol (lambang) untuk mengekspresikan ide-ide.

Menurut Kamus Webster :

Symbol :

  • simbol merupakan sebuah obyek yang berfungsi sebagai sarana untuk mempresentasikan sesuatu hal yang bersifat abstrak, misalnya burung merpati sebagai simbol kedamaian.
  • simbol merupakan sebuah tanda, isi yang singkat, menyertai sifat sebuah obyek, proses berkualitas, kuantitas, memenuhi muatan- muatan tertentu misalnya simbol pada konteks bidang musik, kimia, matematik dan lain-lain.

Symbolic :

  • of or expressed is a symbol as simbols
  • that serves as a symbol (of something)
  • using symbolism

Symbolism :

  • the representation of things by use of symbols, especially an art or literature
  • a system symbols
  • symbolic meaning

Menurut P. Gauguin and O Redon, Ensiklopedia VI hal. 3178 :

Simbolisme adalah gerakan baru dalam seni. Dalam hal ini seni lukis sebagai reaksi terhadap gerakan naturalisme, dimana gerakan naturalis mengutamakan gerakan yang sewajarnya atau sesuai dengan hal-hal yang nyata. Seseorang tidak usah melukiskan kenyataan secara seksama (naturalis) dan setiap warna, bentuk, maupun garis tetapi dapat menimbulkan berbagai perasaan atau makna simbolis.

Menurut Charles Sanders Peirce (Teori Trikonomi Semiotika Arsitektural):

Simbol merupakan tanda yang hadir karena mempunyai hubungan yang sudah disepakati bersama atau sudah memiliki perjanjian(arbitrary relation) antara penanda dan petanda.


Definisi Arsitektur

Arsitektur adalah seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lansekap, hingga ke level mikro yaitu desainbangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut.

Sejarah peradaban manusia sering diidentikan dengan karya arsitektur yang masih ada sebagai bagian perjalanan peradaban manusia itu sendiri.

Vitruvius, arsitek Roma pada awal abad ke-1 Masehi berpendapat , bangunan yang baik harus memenuhi 3 prinsip (De architectura) :

  • Firmitatis (daya tahan, bediri kokoh dan tetap dalam kondisi baik)
  • Utilitatis(utility , bermanfaat dan berfungsi dengan baik bagi orang-orang yang menggunakannya)
  • Venustatis(keindahan, menyenangkan orang dan meningkatkan semangat mereka)

Dalam banyak peradaban kuno ,arsitektur dan urbanisme mencerminkan keterlibatan konstan dengan yang ilahi dan supernatural
Budaya tradisional melibatkan factor-faktor yang bersifat :
- fisik
- non fisik :
- khususnya bersifat simbolik
- symbol-simbol digunakan untuk mengkomunikasikan makna susunan tertentu

CHINA



INDONESIA


Di keempat sisi candi terdapat pintu gerbang dan tangga ke tingkat di atasnya seperti sebuah piramida. Hal ini menggambarkan filosofi Buddha yaitu semua kehidupan berasal dari bebatuan. Batu kemudian menjadi pasir, lalu menjadi tumbuhan, lalu menjadi serangga, kemudian menjadi binatang liar, lalu binatang peliharaan, dan terakhir menjadi manusia. Proses ini disebut sebagai reinkarnasi. Proses terakhir adalah menjadi jiwa dan akhirnya masuk ke nirwana.


Simbol dan Arsitektur
Karya aristektur sebagai simbol
- Kekuasaan
- politik
- kebangkitan bangsa
- ekonomi
- Demokrasi
- Kemajuan tekhnologi
- Sismbol substainability approach


SIMBOL KEKUASAAN (POLITIK)
Louis XIV (1638-1715)

Louis XIII membangun Versailles sebagai tempat singgah untuk berburu yang kemudian diperbesar menjadi pusat pemerintahan oleh Louis XIV.

SIMBOL KEBANGKITAN BANGSA

Arc de Triomphe merupakan salah satu monumen paling terkenal di kota Paris yang menjadi latar belakang perkotaan di Paris. Diatas Gerbang Brandenburger terdapat Quadriga, yaitu sebuah kereta yang ditarik oleh empat ekor kuda didiorong oleh Victoria, dewi Romawi kemenangan. Desain gerbang didasarkan pada Propylea , pintu gerbang Acropolis di Athena , yunani dan konsisten dengan sejarah Berlin klasisisme arsitektur (pertama, Baroque dan kemudianneo-Palladian).

SIMBOL DEMOKRASI
1. National Mall, Washington DC

National Mall, Washington DC


National Mall di ibu kota Amerika Serikat ini berada di 'persimpangan' Gedung Capitol - Lincoln Memorial dan Gedung Putih - Jefferson Memorial. Gedung Capitol yang terletak di 'ujung' timur 'berhadapan' dengan Lincoln Memorial di 'ujung' barat. Sedangkan di Jefferson Memorial ada patung Jefferson yang tengah berdiri karya Rudulph Evans memandang ke arah Gedung Putih. ''Secara simbolik, Lincoln sedang mengawasi anggota Kongres dan Senat di Capitol Hill dalam menjalankan fungsi legislatifnya. Secara simbolik pula, Jefferson mengawasi presiden di Gedung Putih dalam menjalankan fungsi eksekutifnya,'' National Mall dan Memorial Parks merupakan pusat pertemuan di Washington DC.

2. Reichstag (Bundestag), Berlin

Gedung Reichstag di Berlin didirikan sebagai tempat di mana Reichstag, atau parlemen Kekaisaran Jerman, akan bersidang dan menjadi tempat parlemen Jerman mulai tahun 1999 sampai sekarang.

SIMBOL KEMAJUAN TEKNOLOGI

Dibangun dalam rangka pekan Pameran Dunia dan perayaan Revolusi Perancis, menara dengan bendera berkibar di puncaknya diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889.. Telah direncanakan menara ini akan dirobohkan setelah berlangsungnya pekan Pameran Dunia 1900. Akan tetapi, percobaan berhasil dari transmisi radio yang dikendalikan oleh Angkatan Bersenjata Perancis sebelum hari pemugaran akhirnya menyelamatkan menara Eiffel.

2.Centre Georges Pompidou

"Pompidou Centre", adalah suatu area di Beaubourg dari distrik 4th arrondissement dari kota Paris, yang tidak jauh dari Les Halles dan Marais. Disana terdapat perpustakaan yang terbuka untuk umum, serta museum Musée National d'Art Moderne, dan IRCAM, pusat penelitian untuk musik dan akustik. Karena lokasinya maka ia lebih dikenal sebagai Beaubourg. SIMBOL SUSTAINABILITY APPROACH.

OPINI KELOMPOK :
seni dan model bangunan tidak hanya menjadi suatu bangunan yang untuk dinikmati saja. Tetap tedapat nilai-nilai yang trekandung di dalm bentuk bangunan tersebut. Bangunan bersejarah mempunyai makna kenangan di masa lalu, bangunan bersejarah dibangun untuk menguingat perjuangan di masa lalu. S
eperti Arc de Triompheyang ada di Prancis yang dibangun sebagai simbol kekuasaan. Y
ang ada di Prancis yang melibatkan perang antara prancis dan jerman. Seni pun tidak lepas dari arsitektur karena diperlukan suatu pemikiran jangka panjang untuk mendapatkan rancangan yang bernilai historis. Jadi simbol dan arsitektur sangat berkaitan erat dalam suatu hubungan permaknaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar